Nama Ilmiah yang Unik

Nama latin yang unik, lucu, dan aneh ini mungkin bisa membuat kita tersenyum atau geleng-geleng kepala. Dan mungkin pula kita tidak pernah menyangka jika sebuah nama latin (baik nama latin tumbuhan ataupun nama latin hewan) yang menjadi nama resmi sebuah spesies ternyata mempunyai kesan unik, lucu, bahkan aneh.

Mungkin para taksonom pun disela-sela keseriusannya meneliti sebuah organisme muncul keisengan-keisengan yang kemudian menciptakan nama latin yang lucu, unik, dan aneh. Berikut beberapa nama latin yang unik, lucu, dan aneh.

1. Nama ilmiah yang terpanjang

Parastratiosphecomyia stratiosphecomyioides; merupakan nama sejenis lalat. Coba hitung, 42 huruf hanya untuk menyebut nama seekor lalat.


2. Nama ilmiah (latin) terpendek

Ia io (Thomas, 1902); merupakan nama Kelelawar China (Great Evening Bat) yang hidup di Cina , India, Laos, Nepal, Thailand, dan Vietnam.


3. Nama latin dari tokoh fiksi

> Calumma tarzan; Merupakan nama latin dari spesies Bunglon si Madagaskar
> Pteropus vampyrus; Tokoh fiksi vampir mengilhami nama latin kelelawar pemakan buah yang sering disebut juga sebagai Kalong, Kalang, atau Large Flying Fox. Hewan ini bisa ditemui di Asia Tenggara termasuk di Indonesia(Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Nusa Tenggara).
> Hortipes terminator; merupakan sejenis laba-laba yang hidup di Kongo.


3. Yang Unik dan Aneh Lainnya

> Abracadabrella spp.; merupakan genus laba-laba yang hidup di Australia. Laba-laba ini terdiri atas tiga spesies yakni Abracadabrella Birdsville, Abracadabrella, dan Abracadabrella Lewiston.
Membaca nama genusnya kita pasti langsung ingat dengan sulap, abrakadabra!
> Amorphophallus; adalah sekelompok tumbuhan yang dikenal sebagai bunga bangkai. Spesiesnya antara lain Amorphophallus titanum (Bunga Bangkai Raksasa) dan Amorphophallus gigas (bunga Bangkai Sumatera). Kata Amorphophallus berasal dari bahasa Yunani Kuno "Amorphos" yang berarti "cacat, tanpa bentuk" dan "phallos" yang berarti "penis".
> Oedipus komplex (Dunn, 1924); merupakan sinonim dari Oedipina komplex yakni sejenis Salamander (sejenis amphibi yang berekor dan berkaki) yang hidup di Amerika Selatan. Kedua nama latin tersebut pasti langsung mengingatkan kita pada tahapan perkembangan psikoseksual di masa anak-anak atau bahkan pada salah satu jenis kelainan jiwa.
> Corydalis aeaeae; Adalah tanaman yang di China dikenal sebagai 'yan wu dao zi jin'. Perhatikan nama spesiesnya, hanya terdiri atas huruf "ae" yang diulang tiga kali.
Scilla mischtschenkoana; Hati-hati membaca nama bunga 'white squill' asal Rusia ini jika tidak ingin lidahnya keseleo lantaran mengeja 7 huruf konsonan berurutan.
> Salacca zalacca; Nama latin untuk kelapa sawit inipun tergolong unik, hanya berbeda huruf depannya saja.
> Babyrousa babirussa; Nama latin untuk Babirusa ini antara nama genus dan spesiesnya sangat mirip apalagi dalam hal pegucapannya.
> Xanthocephalus xanthocephalus; Burung Yellow-headed Blackbird asal Amerika Latin.

Ternyata keisengan terkadang juga muncul saat pembuatan nama ilmiah.

<Sumber : Kaskus>

0 komentar:

Posting Komentar